Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis pengaruh : 1) Harga, 2) Promosi, 3) Inovasi terhadap  Minat Beli  Konsumen Shopee. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan tiga variabel independen dan satu variabel dependen yang menunjukkan bahwa : Dari tabel 4.12 thitung sebesar -1.713 dan nilai t tabel sebesar 1.999. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung (-1.713) > ttabel (-1.999), demikian pula dengan nilai signifikasinya sebesar 0,092 > 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis pertama diterima, artinya Variabel Harga (X1) berpengaruh negatif terhadap Variabel Minat Beli (Y). Dari tabel 4.12 di peroleh nilai thitung sebesar 2,148 dan nilai t tabel sebesar 1.999. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung sebesar (2,148) > ttabel (1.999), demikian pula dengan nilai signifikasinya sebesar 0,036 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis kedua diterima, artinya Variabel Promosi (X2) berpengaruh positif terhadap Variabel Minat Beli (Y). Dari tabel 4.12 di peroleh nilai thitung sebesar 4,820 dan nilai t tabel sebesar 1.999. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa thitung sebesar (4,820) > ttabel (1.999), demikian pula dengan nilai signifikasinya sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan hipotesis ketiga diterima, artinya Variabel Inovasi (X3) berpengaruh positif terhadap Variabel Minat Beli (Y). Secara simultan Harga (X1), Promosi (X2), Inovasi (X3) berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 34,444 > Ftabel sebesar 2,76 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Selain itu ditunjukkan dengan nilai Koefisien Determinasi  (R2) sebesar 0,614 menunjukkan bahwa setiap Minat Beli Konsumen (Y) dipengaruhi oleh Harga (X1), Promosi (X2), Inovasi (X3) sebesar 61,4% sedangkan sisanya 38,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Published: 2021-03-18