• ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE RASIO PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) PADANG SIDEMPUAN
    Vol 11 No 1 (2020)

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis serta menjelaskan kinerja keuangan pada PT Bank Manadiri (Persero) Padang Sidempuan, yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa perbankan. Untuk memperoleh data yang diperlukan dari dokumen yang dikumpulkan melalui observasi langsung ke lapangan berupa data sekunder dan studi literatur. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa (1). Kinerja keuangan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Padang Sidempuan pada tahun 2017 dan tahun 2018 dari rasio likuiditas pada aspek quick ratio dan cash ratio yang berada di angka 1% yang artinya tiap-tiap Rp. 1,00 hutang lancar hanya dijamin oleh kurang dari Rp. 0,01 harta lancer. (2).Kinerja Keungan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Padang Sidempuan mengalami perubahan yang cukup baik dari tahun 2017 ke tahun 2018 dilihat dari rasio solvabilitas. (3). Secara umum menunjukkan kinerja keuangan PT. Bank Mandiri (Persero) Padang Sidempuan cukup baik, karena terjadi peningkatan gross profit marginnya maupun net profit marginnya, berarti kemampuan keuangan perusahaan untuk menciptakan laba semakin baik, artinya kemampuan keuangan bank untuk mengatasi kemungkinan kegagalan pembayaran kewajiban kepada nasabah dan kemampuan mengatasi kerugian atas aktiva yang dimiliki semakin meningkat. (4). Meskipun tingkat likuiditas pada PT. Bank Mandiri (Persero) Padang Sidempuan tampak rendah, namun hal ini tidak begitu dipermasalahkan khususnya di perusahaan perbankan yang tugasnya adalah menerima dan menyalurkan dana kepada masyarakat.

     

    Kata Kunci: Analisis Kinerja Keuangan

     

  • PENGARUH LOKASI DAN PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS ALFAMART SEI RAMPAH).
    Vol 11 No 2 (2020)

    Abstrak

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lokasi dan pelayanan karyawan baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Studi Kasus Alfamart Raya Medan) dan seberapa pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 24,264 + 0,729 X1 + 0,308 X2 + e. Secara parsial, variabel lokasi (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (5,145 > 1,990). Sedangkan variabel pelayanan karyawan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (2,605 > 1,990). Secara simultan, variabel lokasi (X1) dan pelayanan karyawan (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (13,886 > 3,11). Variabel lokasi (X1) dan pelayanan karyawan (X2)  mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 25,5% sedangkan sisanya sebesar 74,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran bahwa sebaiknya dalam hal pelayanan pihaak Alfamart Sei Rampah lebih ditingkatkan lagi agar kepuasan konsumen memiliki persentase yang lebih tinggi. Hendaknya karyawan bekerja dengan kualitas terbaik agar pelayanan yang diberikan dapat maksimal.

     

    Kata Kunci: Lokasi, Pelayanan Karyawan, dan Kepuasan Konsumen

  • PENGARUH MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN DI PT. NABATI AGROTECH PERSADA MEDAN
    Vol 11 No 1 (2020)

    Abstrak

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi dan kepemimpinan baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan di PT. Nabati Agrotech Persada Medan dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 3,879 + 0,213 X1 + 0,723 X2. Secara parsial, variabel motivasi (X1) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan PT. Nabati Agrotech Persada Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini ditolak, terbukti dari nilai t hitung < t tabel (1,390 < 2,040). Sedangkan variabel kepemimpinan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan di PT. Nabati Agrotech Persada Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (5,186 > 2,040). Secara simultan, variabel motivasi (X1) dan kepemimpinan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan di PT. Nabati Agrotech Persada Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (32,761 > 3,28). Variabel motivasi (X1) dan kepemimpinan (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel semangat kerja karyawan sebesar 67,9% sedangkan sisanya sebesar 32,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran bahwa sebaiknya pimpinan tidak terlalu otoriter dalam hal jenjang pendidikan karyawan jika karyawan ingin izin untuk kepentingan pendidikan seperti kuliah. Sebaiknya pimpinan dan karyawan menjalin hubungan komunikasi yang lebih baik lagi agar keduanya saling bersinerji dalam memajukan tujuan perusahaan. Hendaknya karyawan tetap bekerja dengan baik walaupun sedang dala tekanan.

     

    Kata Kunci: Motivasi, Kepemimpinan, dan Semangat Kerja Karyawan

  • PENGARUH KONFLIK DAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN DI PT. FAEDAH TEHNIK MEDAN.
    Vol 10 No 2 (2019)

    Abstrak

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konflik dan pemutusan hubungan kerja baik secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan di PT. Faedah Tehnik Medan dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 1,031 + 0,329 X1 + 0,712 X2. Secara parsial, variabel konflik (X1) berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan (Y) di PT. Faedah Tehnik Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (3,952 < 2,052). Sedangkan variabel pemutusan hubungan kerja (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan (Y) di PT. Faedah Tehnik Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (7,681 > 2,052). Secara simultan, variabel konflik (X1) dan pemutusan hubungan kerja (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan (Y) di PT. Faedah Tehnik Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (221,992 > 3,35). Variabel konflik (X1) dan pemutusan hubungan kerja (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel semangat kerja karyawan (Y) sebesar 94,3% sedangkan sisanya sebesar 5,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran bahwa hendaknya karyawan dan pimpinan mengurangi konflik yang berkepanjangan sehingga semangat kerja dapat meningkat. Hendaknya pimpinan lebih selektif lagi dalam memutuskan hubungan kerja sehingga karyawan yang masih layak tidak diberhentikan secara sepihak. Hendaknya karyawan bekerja dengan semangat yang tinggi agar perusahaan dapat melihat kualitas yang dimiliki karyawan.

     

    Kata Kunci: Konflik, Pemutusan Hubungan Kerja, dan Semangat Kerja Karyawan

  • PENGARUH KEMAMPUAN DAN INTEGRASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. KALBE FARMA TBK CABANG MEDAN.
    Vol 10 No 1 (2019)

    Abstrak

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan integrasi baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Kalbe Farma Tbk Cabang Medan dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 5,104 + 0,185 + 0,668 + e. Secara parsial, variabel kemampuan (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Kalbe Farma Tbk Cabang Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (1,984 > 1997). Sedangkan variabel integrasi (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Kalbe Farma Tbk Cabang Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (6,553 > 1,997). Secara simultan, variabel kemampuan (X1) dan integrasi (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Kalbe Farma Tbk Cabang Medan. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (37,569 > 2,74). Variabel kemampuan (X1) dan integrasi (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kinerja karyawan sebesar 53,6% sedangkan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran bahwa hendaknya perusahaan meningkatkan kemapuan karyawan dengan memberikan pelatihan yang berkaitan dengan keahlian kerja. Hendaknya karyawan dan pimpinan saling mendukung dalam membentuk integrasi kerja yang profesional. Sebaiknya karyawan bekerja secara profesional agar tujuan perusahaan dapat terwujud dan kebutuhan karyawan akan terpenuhi..

     

    Kata Kunci: Kemampuan, Integrasi dan Kinerja Karyawan

  • PERANCANGAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA AJITA MAITREYA
    Vol 9 No 2 (2018)

    ABSTRAK

     

     

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan studi kelayakan terhadap penerapan sistem knowledge management pada organisasi Ajita Maitreya. Studi ini dilakukan berlandaskan pada permasalahan yang di alami oleh organisasi Ajita Maitreya, serta adanya keraguan dalam investasi terhadap sistem yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang ada.

     

    Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data (Fact Finding) dengan menggunakan dua (2) metode, yaitu wawancara dan observasi. Setelah menggumpulkan data dan informasi yang cukup dari organisasi Ajita Maitreya, maka selanjutnya, dilakukan analisa metode SWOT untuk mendalami data dan informasi yang diperoleh, sehingga mendapatkan gambaran yang lebih jelas terhadap keadaan organisasi tersebut. Setelah dilakukan analisa metode SWOT, maka selanjutnya dilakukan pengukuran keuntungan (benefit) menggunakan metode tangible benefit dan intangible benefit, dimana pengukuran menggunakan metode tangible benefit dilakukan dengan metode perhitungan Net Present Value (NPV) dan Payback Period (PP) untuk mengetahui keuntungan yang dapat diterima, serta seberapa lama tingkat pengembalian modal yang telah dikeluarkan dalam kurun waktu tertentu.

     

    Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa dalam proses pengumpulan data (fact finding), diketahui bahwa masalah yang sedang dihadapi oleh organisasi adalah nyata dan dapat diatasi. Hasil dari analisa SWOT menunjukan bahwa solusi dan saran yang ditawarkan oleh peneliti dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapi. Selanjutnya, pada pengukuran keuntungan (benefit) baik secara tangible benefit dan intangible benefit  menunjukkan hasil dengan nilai positif.

     

    Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan sistem knowledge management pada organisasi Ajita Maitreya, layak dilakukan baik secara tangibe benefit maupun intangible benefit yang akan memberikan dampak positif terhadap organisasi ini. Selain itu, dengan penerapan sistem ini organisasi dapat mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi. Secara umum penerapan ini layak untuk diterapkan oleh organisasi Ajita Maitreya.

     

    Kata kunci:  Studi Kelayakan, Knowledge Management, Self-learning.

  • ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN ORANGTUA MEMILIH SEKOLAH DASAR SWASTA ISLAM TERPADU DI KOTA TEBING TINGGI.
    Vol 9 No 2 (2018)

    ABSTRAK

    .

    Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis pengaruh antara  bauran pemasaran yang terdiri dari ; produk/ jasa, harga,lokasi, promosi,orang,bukti fisik,dan proses baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan orang tua memilih Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu di Kota Tebing Tinggi..Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jenis penelitian asosiatif Kuantitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden .Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 120 orang yang terdiri dari Orang Tua /Wali siswa dan penarikan sampel  dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling.Metode analisis regresi yang digunakan adalah regesi linear berganda dan untuk menguju hipotesis digunakan uji t dan uji f pada taraf signifikan  atau alfa = 5 %.Data hasil penelitian dianalisis  atau diolah dengan  menggunakan bantuan program SPSS Versi 17.0 for windows.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel proses memiliki pengaruh positif dan signifikan hal ini dikarenakan nilai t tabel 3,503 > t hitung 1,96.Sedangkan varibel produk/jasa,lokasi,promosi,orang,bukti fisik memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan karena memiliki nilai t hitung< t tabel 1,96.Sedangkan variabel harga memilihi pengaruh yang negatif terhadap keputusan orang tua memilih Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu di Kota Tebing Tinggi dengan nilai t hitung  -1,788 < t tabel 1,96. Dan secara simultan hubungan seluruh variabel bebas dengan variabel terikat yaitu keputusan orang tua memilih Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu di Kota Tebing Tinggi  adalah  positif dan signifikan dengan nilai F hitung 8,285 > F tabel 2,09.

     

    Kata kunci : Bauran Pemasaran, Perilaku Konsumen dan Keputusan Memilih.

     

  • PENGARUH CITA RASA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMSUM PADA GERAI MICKEY DIMSUM KOTA TEBING TINGGI
    Vol 10 No 1 (2019)

    Abstrak

     

    Usaha kuliner saat ini sedang berkembang pesat .Dalam memenagkan persaingan tentnya harus memiliki strategi pemasaran yang baik .Salah satu faktor yang dipertimbangkan konsumen pada saat memutuskan untuk membeli yaitu cita rasa dan promosi.

    Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh cita rasa dan promosi terhadap keputusan pembelian  Dimsum pada gerai Mickey Dimsum Tebing Tinggi.

    Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis  variabel X1 memiliki nilai t hitung 2,862 > dari t tabel 2,00 maka dapat dsimpulkan bahwa variabel cita rasa berpengaruh terhap keputusan pembelian dimsum.Sedangkan hipotesis variabel 2 memiliki nilai t hitung sebesar  4,921 . dari t tabel 2,00 shingga dapat disimpulkan bahwa variabel promosi berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian dimum.

     

    Kata kunci: Cita rasa,Promosi,Keputusan Pembelian,Dimsum

     

  • PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA DECO 100 SABAR JAYA BATU BARA Oleh: FITRIANINGSIH
    Vol 11 No 1 (2020)

    ABSTRAK
    Penelitian ini mencoba menjawab tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana
    pengaruh price discount dan bonus pack terhadap keputusan impulse buying. Hasil
    pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 17,00 dihasilkan analisis regresi berganda
    dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen menunjukkan bahwa Y= 0,848 +
    0,387 X1 + 0,740 X2, artinya keputusan impulse buying dipengaruhi price discount dan bonus
    pack. Hasil analisis juga memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,418.Variabel
    Price discount (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada Deco
    100 Sabar Jaya Batu Bara. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh thitung X1=
    sebesar 2,524 > ttabel 1,986 dan tingkat signifikansinya sebesar 0,013 < 0,05.Variabel Bonus
    pack (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada Deco 100
    Sabar Jaya Batu Bara. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh thitung X2=
    sebesar 5,084 > ttabel 1,986 dan tingkat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan
    hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 34,450 > Ftabel 3,10 atau tingkat signifikansinya
    sebesar 0,000 < 0,05. Artinya hipotesis 3 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
    terdapat pengaruh secara serentak antara price discount dan bonus pack terhadap keputusan
    impulse buying pada Deco 100 Sabar Jaya Batu Bara.
    Kata kunci: Price discount, bonus pack dan impulse buying.

  • PEMGARUH MOTIVASI DAN SISTEM KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT SUMBER REZEKI BERSAMA Oleh: Rusmewahni
    Vol 11 No 1 (2020)

    Abstrak

    Sumber daya manusia merupakan ujung tombak suatu perusahaan. Jika sumber daya manusia dapat dimanfaatkan dengan baik maka tujuan perusahaan akan tercapai. Namun sebaliknya, jika sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan tidak dimanfaatkan dengan baik walaupun perusahaan memiliki peralatan yang canggih, sarana dan prasarana memadai maka tujuan dari perusahaan tidak akan  tercapai. Untuk itu setiap perusahaan menginginkan karyawannya dapat memaksimalkan kinerja mereka. Namun pada kenyataannya banyak hal yang dapat mempengaruhi kinerja. Pengaruh-pengaruh inilah yang dapat menghambat karyawan dalam memaksimalkan kinerja mereka..

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah motivasi dan Sistem kompensasi berpengaruh terhadap Kinerja karyawan pada. PT. Sumber Rezeky Bersama. Teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan pertanyaan lisan kepada subjek penelitian. Pengumpulan data juga  dengan menggunakan daftar pertanyaan yang dijawab oleh para responden tertulis dalam bentuk angket/kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Karyawan PT. Sumber Rezeky Bersama yang berjumlah 53 orang dan Seluruh populasi tersebut juga dijadikan sampel. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa motivasi dan sistem kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Sumber Rezeky Bersama Tebing Tinggi.

     

    Kata kunci : Motivasi, Sistem Kompensasi dan Kinerja

  • PENGARUH KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP KEMISKINAN *Daniel Collyn Damanik
    Vol 9 No 2 (2018)

    Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketimpangan distribusi
    pendapatan, indeks pembangunan manusia, dan pertumbuhan ekonomi terhadap
    kemiskinan. Penelitian dilakukan terhadap seluruh provinsi di Indonesia tahun
    2016. Ketimpangan distribusi pendapatan, indeks pembangunan manusia, dan
    pertumbuhan ekonomi merupakan variabel independen, sementara kemiskinan
    sebagai variabel dependen penelitian. Data yang digunakan berupa data sekunder
    dan diolah dengan menggunakan metode linear berganda. Hasil pengujian
    menunjukkan bahwa ketimpangan distribusi pendapatan dan indeks pembangunan
    manusia berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan, sedangkan pengaruh
    pertumbuhan ekonomi terhadap kemiskinan tidak dapat dibuktikan secara empiris.
    Kata kunci: kemiskinan, distribusi pendapatan, indeks pembangunan manusia, dan
    pertumbuhan ekonomi

  • ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN DAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN PIUTANG PADA PT. BATARA YUNA CEMERLANG MEDAN. # ELWARDI HASIBUAN
    Vol 11 No 1 (2020)

    ABSTRAK

     

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas sistem pengendalian piutang yang diterapkan oleh perusahaan, untuk menganalisis kebijakan pengelolaan penaagihan piutang sehingga dapat mengurangi jumlah piutang tak tertagih (bad debt). Penelitian ini dilakukan pada PT. Batara Yuna Cemerlang Medan Metode analisis yang digunakan yaitu Analisis Receivable Turn Over (RTO), Avarage Collection Period (ACP), Rasio Penagihan dan Rasio Tunggakan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Batara Yuna Cemerlang masih belum optimal dalam mengelolah dan mengendalikan piutang usahanya, hal ini dilihat dari perhitungan ACP perusahaan yang hasilnya masih jauh dari standar hari yang ditetapkan sebagai standar kredit perusahaan. Jika nilai ACP lebih kecil atau sama dengan standar hari yang ditetapkan perusahaan, berarti pengendalian piutang dapat dikatakan berhasil. Sebaliknya, jika beberapa dari pelanggan pengguna jasa melakukan penunggakan atau melanggar standar kredit yang ditetapkan perusahaan atau bagian administrasi/piñatausahaan piutang belum melakukan tugasnya secara optimal.

     

    Kata Kunci : Sistem  Pengelolaan  Piutang,  Efektivitas Pengendalian Piutang

  • ANALISA LAPORAN ARUS KAS SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PT KIMIA FARMA TBK #ELWARDI HASIBUAN
    Vol 10 No 2 (2019)

    ABSTRAK

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan suatu perusahaan dengan menggunakan analisa laporan arus kas pada perusahaan PT Kimia Farma Tbk periode 2016-2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi yang terjadi untuk melihat, mengungkapkan, dan menggambarkan secara tepat hal-hal yang sedang dihadapi serta menarik kesimpulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rasio laporan arus kas. Hasil penelitian dari perhitungan laporan arus kas dan analisis laporan arus kas menunjukkan efektivitas kinerja arus kas PT Kimia Farma Tbk selama kurun waktu 3 tahun (2016-2018) kurang efektif, dilihat dari perhitungan laporan arus kas terdapat lebih banyak rasio dibawah angka 1 yang menggambarkan bahwa perusahaan tidak mampu memenuhi kewajiban serta komitmennya. Hal ini dikarenakan selama tahun 2016-2018 PT Kimia Farma Tbk belum menyajikan laporan arus kas dan melakukan analisis laporan arus kas sehingga kinerja arus kas tidak bisa diketahui lebih awal untuk dilakukan upaya-upaya perbaikan terutama dalam meningkatkan arus kas perusahaan

     

    Kata Kunci : Laporan Arus Kas, Kinerja Kauangan

     

  • PENGGUNAAN ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENGEVALUASI TINGKAT KESEHATAN DAN PERKEMBANGAN USAHA PADA PT. PEGADAIAN MEDAN #ELWARDI HASIBUAN
    Vol 10 No 1 (2019)

    ABSTRAK

    Penelitian ini betujuan untuk Untuk mengevaluasi tingkat kesehatan keuangan dan perkembangan usaha PT Pegadaian cabang Medan. Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara dan studi literatur. Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Dari hasi  penelitian diketahui bahwa Kinerja keuangan PT Pegadaian Cabang Medan tahun 2014- 2018 memiliki rata-rata kondisi yang sehat dengan kategori A, dimana kinerja keuangan diperoleh nilai sebesar 50,6. Nilai tersebut lebih besar dari batas minimal perusahaan sehat sebesar 45,5 sehingga hipotesis pertama yang menyatakan bahwa tingkat kesehatan finansial PT Pegadaian Cabang Medan selama periode penelitian telah memenuhi klasifikasi sehat diterima. Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa perkembangan usaha PT Pegadaian Cabang Medan selama periode penelitian mengalami peningkatan ditolak, hal in terlihat dari hasil rentabilitas ekonomis dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018 cenderung mengalami penurunan hanya mencapai 11,13 persen.

     

    Kata kunci:  Analisis Rasio  Keuangan

     

  • HUBUNGAN PENGETAHUAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN DAN PEMBERIAN IMBALAN DENGAN DISIPLIN KERJA DOSEN SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SRI DELI TEBINGTINGGI #Elwardi Hasibuan
    Vol 9 No 2 (2018)

    ABSTRAK

    Penelitian ini mengkaji Hubungan antara Manajemen Pembelajaran dan Pemberian Imbalan dengan Disiplin Kerja Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Sri Deli Tebingtinggi. Terdapat tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Terdapat hubungan antara pengetahuan Manajemen pembelajaran  dengan Disiplin Kerja, Terdapat Hubungan Antara Pemberian Imbalan dengan Disiplin Kerja Dosen dan Terdapat Hubungan  Antara Pengetahuan Manajemen Pembelajaran dan  Pemberian Imba1an secara  Bersama-sama   dengan   Disiplin   Kerja   Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Sri Deli Tebingtinggi. Jumlah sampel 59 orang yang ditetapkan   berdasarkan  tabel Krecji Morgan.  Hasil  analisis  data  menunjukkan bahwa: (1)   Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pengetahuan Manajemen Pembelajaran  dengan Disiplin Kerja Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Sri Deli  Tebingtinggi; (2) Terdapat   Hubungan yang sangat signifikan Antara  Pemberian  Imbalan  dengan Disiplin  Kerja  Dosen  Sekolah Tinggi Agama Islam Sri Deli Tebingtinggi; (3) Terdapat Hubungan yang sangat signifikan Antara Pengetahuan Manajemen Pembelajaran dan Pemberian Imbalan Secara Bersama-sama dengan Disiplin Kerja Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Sri Deli Tebingtinggi. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Manajemen  Pembelaiaran  dan Pemberian Imbalan adalah dua faktor penting yang sangat berarti dalam kaitannya meningkatkan disiplin kerja  dosen sekolah Tinggi Agama Islam Sri Deli Tebingtinggi.  Oleh   karena  itu disarankan kepada pihak-piliak  yang terkait untuk dapat memperhatikan kedua faktor agar disiplin  kerja yang ditampilkan  para dosen Sekolah Tinggi  Agama Islam Sri Deli Tebingtinggi semakin meningkat.

     

    Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Pengetahuan, Disiplin Kerja, Imbalan

  • PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA #ELWARDI HASIBUAN
    Vol 9 No 1 (2018)

    ABSTRAK

    Kinerja adalah hasil kerja pegawai baik dari segi kualitas maupun kuantitas berdasarkan standar kerja yang telah ditentukan dapat tercapai jika para pegawai memiliki kompetensi yang tinggi. Pegawai yang memiliki kompetensi  dapat meningkatkan dan memililiki kemampuan bekerja serta bekerja sama yang baik, maka secara tidak langsung akan meningkatkan kinerjanya. Karenanya rumusan masalah dalam penelitian ini difokuskan bagaimana Pengaruh  Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Pengaruh kompetensi terhadap kinerja Pegawai pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara sejumlah 77 orang sekaligus dijadikan sampel dalam penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Pengolahan data serta analisis statistik mempergunakan program SPSS versi 17.0 dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil uji validitas dan realiabilitas, seluruh instrumen penelitian adalah sahil, valid dan reliabel.  Teknik analisis data digunakan adalah uji koefisien determinasi (R2) melalui uji regresi linier sederhana. Hasil uji statistik dalam penelitian ini menyatakan bahwa variabel Kompetensi mampu menjelaskan variabel terikatnya yaitu kinerja pegawainya sebesar 84,3%. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi pegawai Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara yang dimiliki pegawai pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawainya. Model persamaan regresi yang diperoleh dari hasil pengujian yang dilakukan yaitu Y = 32,289 + 0,898 X

     

    Kata Kunci: Kompetensi, Kinerja .

  • ANALISIS ANGGARAN SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PROYEK PADA CV. SENTOSA ABADI MEDAN #ELWARDI HASIBUAN
    Vol 8 No 3 (2017)

    ABSTRAK

    Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah anggaran biaya
    proyek telah berperan sepenuhnya sebagai alat perencanaan dan pengendalian
    sebagaimana mestinya oleh CV. Sentosa Abadi Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu data yang diperoleh dan dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan membandingkan data yang diperoleh dari CV. Sentosa Abadi Medan dan dibandingkan  dengan teori. Berdasarkan hasil analisis bahwa dalam proses penyusunan anggaran CV. Sentosa Abadi Medan ini, belum sesuai dengan teori yang relevan, dimana Anggaran yang disusun tidak aspiratif karena tidak adanya diskusi dan sosialisasi terhadap penyusunan anggaran. Selain itu dalam menyusun anggaran CV. Sentosa Abadi Medan masih belum memenuhi syarat sebagai alat perencanaan, karena selain kurangnya azas partisipasi juga belum merupakan standar terhadap biaya bahan baku, biaya upah dan biaya overhead. Selain itu, laporan anggaran yang dibuat perusahaan belum menunjukkan suatu bentuk laporan anggaran yang baik sebagai pengendalian, dimana dalam laporon anggaran tidak dilakukan analisa terhadap penyimpangan. Untuk itu perusahaan seharusnya lebih bijaksana dalam penyusunan rencana kerja yang terluang dalam bentuk anggaran, agar tujuan dan sasaran dapat tecapai. Dengan demikian anggaran yang disusun dapat digunakan sebagai alat perencanaan dan pengendalian bagi perusahaan

     

    Kata kunci:  Anggaran biaya proyek, analisis deskriftif, penyimpangan, alat
    perencanaan dan pengendalian.

  • ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TERHADAP KINERJA INSTANSI (Studi Kasus Kec. Sei Rampah) #Suriana
    Vol 11 No 1 (2020)

    ABSTRAK
    Penelitian ini dilakukan pada Kecamatan Sei Rampah, tepatnya Desa Silau Rakyat yang
    bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kinerja keuangan desa berdasarkan konsep value for
    money dengan pengukuran tingkat efektivitas dan efisiensi APBDesa terhadap kinerja instansi di
    Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan desain
    kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Data yang digunakan dalam
    penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner, wawancara, observasi
    lapangan dan dokumentasi. Pengolahan data serta analisis statistik mempergunakan program
    SPSS versi 18.0 dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil uji validitas dan realiabilitas, seluruh
    instrumen penelitian adalah sahil, valid dan reliabel. Teknik analisis data digunakan adalah uji
    koefisien determinasi (R2) melalui uji regresi linier berganda. Hasil uji statistik dalam penelitian
    ini menyatakan bahwa variabel efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan desa mampu
    menjelaskan kinerja instansi pegelola keuangan desa sebesar 1,5 %, sisanya 98,5% dipengaruhi
    atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari tabel
    Coefficientsa diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 30,725 + 0,019 X1 - 0,227X2 + e.
    Konstanta (a) = 30,725, jika efektivitas dan efisiensi pengelolaan anggaran dana desa,
    diasumsikan tidak mengalami perubahan (konstan) maka nilai Y (kinerja instansi) adalah sebesar
    30,725 Secara parsial variabel efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan desa tidak
    berpengaruh positif terhadap kinerja instansi pegelola keuangan desa diperoleh t hitung lebih
    kecil dari t tabel = 2,024, demikian juga nilai signifikan sebesar > 0,05.Secara simultan
    efektivitas dan efisiensi pengelolaan keuangan desa, secara bersama-sama tidak mempunyai
    pengaruh yang signifikan terhadap kinerja instansi pengelola keuangan desa. Dimana nilai
    signifikan sebesar 0.288 atau lebih besar dari nilai probabilitas (p-value) 0.05 (0,286 > 0.05).
    Kata Kunci: Efektivitas, Efisiensi, Efektivitas, Keuangan Desa, Kinerja

  • PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP TINGKAT LABA PADA PT. BANK MANDIRI MEDAN #Suriana
    Vol 10 No 2 (2019)

    ABSTRAK
    Penelitian ini betujuan untuk menganalisis kinerja keuangan ditinjau dari Capital Adequacy
    Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), BOPO dan LDR terhadap tingkat laba. Data yang
    digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan Konsolidasi PT. Bank Mandiri
    dengan cara mendowload laporan keuangan tersebut dari www.bi.go.id dan website
    www.idx.co.id dari tahun 2012 hingga Juni 2016. Pengolahan data serta analisis statistik
    mempergunakan program SPSS versi 18.0 dengan tingkat signifikansi 0,05. Teknik analisis data
    digunakan adalah uji koefisien determinasi (R2) melalui uji regresi linier berganda. Hasil uji
    statistik dalam penelitian ini menyatakan bahwa variabel Capital Adequacy Ratio (CAR), Non
    Performing Loan (NPL), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan
    Loan to deposit ratio (LDR) mampu menjelaskan variabel terikatnya yaitu pertumbuhan laba
    sebesar 39,7%.
    Kata Junci : Kinera, Laba dan PT. Bank Mandiri

  • ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE RASIO PADA PT. BTN (PERSERO) CABANG MEDAN #Suriana
    Vol 10 No 1 (2019)

    ABSTRAK
    Penelitian ini betujuan untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan PT BTN (Persero)
    Cabang Medan dengan menggunakan metode rasio. Rasio yang digunakan dalam penelitian ini
    yaitu rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
    kesimpulan bahwa Kondisi rasio likuiditas PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Medan
    pada tahun 2015 dan tahun 2016 dapat dikatakan kurang baik. Hal ini dikarenakan rasio
    likuiditas pada tahun 2015 dan tahun 2016 menujukkan rasio yang sangat rendah. Sedangkan
    rasio solvabilitas, menunjukkan kinerja keuangan yang baik karena terjadi kenaikan baik primary
    ratio, capital ratio, maupun capital adequacy rationya dari tahun 2015 ke tahun 2016. Dari Rasio
    solvabilitas, menunjukkan kinerja keuangan yang baik karena terjadi kenaikan baik primary
    ratio, capital ratio, maupun capital adequacy rationya dari tahun 2017 ke tahun 2018. Dari sudut
    rasio profitabilitas, menunjukkan kinerja keuangan yang baik pada tahun 2017, karena terjadi
    peningkatan dari tahun 2018 yang terlihat dari adanya kenaikan gross profit marginnya maupun
    net profit marginnya.
    Kata kunci : kinerja keuangan, Metode Rasio dan PT BTN (Persero)

  • PENGARUH EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT DAN PROPORSI KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA #Suriana
    Vol 9 No 2 (2018)

    Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efektifitas komite audit dan proporsi komisaris
    independen terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek
    Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 77 perusahaan manufaktur yang
    terdaftar di BEI selama periode pengamatan tahun 2015. Metode analisis pada penelitian ini
    menggunakan analisis regresi berganda. Manajemen laba diukur menggunakan discretionary
    accruals (DA). Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel efektivitas komite audit dan
    proporsi komisaris independen berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Hal ini
    menandakan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh dewan komisaris dan komite audit di
    dalam perusahaan telah berjalan efektif dan dapat mengurangi tindakan manajemen laba.
    Kata Kunci : Efektivitas Komite Audit, Komisaris Independen, Manajemen Laba

  • PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB LINGKUNGAN DALAM LAPORAN TAHUNAN #Suriana
    Vol 9 No 1 (2018)

    ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan terhadap tingkat
    pengungkapan tanggung jawab lingkungan dalam laporan tahunan. Struktur kepemilikan
    terdiri dari kepemilikan pemerintah, kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, dan
    kepemilikan institusional. Pengukuran tingkat pengungkapan tanggung jawab lingkungan
    didasarkan pada Indeks GRI. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan
    tahunan perusahaan yang terdaftar di PROPER dan BEI tahun 2013, 2014, dan 2015. Total
    sampel penelitian adalah 90 laporan tahunan perusahaan yang dipilih secara purposive
    sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji hipotesis
    dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
    kepemilikan pemerintah, kepemilikan asing dan kepemilikan institusional berpengaruh
    positif dan signifikan terhadap tingkat pengungkapan tanggung jawab lingkungan. Namun,
    kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan
    tanggung jawab lingkungan.
    Kata kunci: GRI, pengungkapan tanggung jawab lingkungan, struktur kepemilikan

  • PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN ( STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI ) #Suriana
    Vol 8 No 3 (2017)

    ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance terhadap
    kinerja perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor
    mekanisme good corporate governance yang diuji dalam penelitian ini berfokus pada
    struktur internal perusahaan, yaitu jumlah dewan komisaris dan jumlah dewan direksi
    dan CFROA (Cash Flow Return On Asset) sebagai ukuran dari kinerja perusahaan.
    Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 69 perusahaan manufaktur yang
    terdaftar di BEI selama periode pengamatan tahun 2013-2015. Hasil penelitian
    menemukan bahwa good corporate governance yang diproksikan dengan variabel
    dewan komisaris dan dewan direksi berpengaruh signifikan terhadap kinerja
    perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan mekanisme good corporate
    governance dapat meningkatkan kinerja perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek
    Indonesia. Kinerja yang baik tentu berdampak pada peningkatan nilai perusahaan.
    Kata Kunci : Corporate Governance, Kinerja Perusahaan

  • ANALISIS PENGARUH VARIABEL INTERNAL DAN EKSTERNAL PERBANKAN TERHADAP PENAWARAN KREDIT SEKTOR UMKM PADA BANK UMUM PERIODE 2014-2016 #Riny Viri Insy Sinaga
    Vol 11 No 1 (2020)

    ABSTRAK
    Perbankan merupakan salah satu lembaga keuangan yang masih tetap menjadi
    tulang punggung keuangan Indonesia dalam meningkatkan perekonomian dan
    meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semakin besarnya jumlah UMKM di
    Indonesia setelah krisis ekonomi 1997 merupakan salah satu hal yang positif bagi
    struktur perekonomian di Indonesia, sebab berdasarkan berbagai macam studi yang
    dilakukan, sektor UMKM ternyata merupakan sektor yang mampu bertahan terhadap
    krisis ekonomi. Sampai dengan tahun 2016, masih sekitar 61% UMKM di Indonesia
    yang belum tersentuh oleh pihak perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
    pengaruh variabel internal (CAR, DPK, ROA, dan NPL UMKM) dan eksternal (Suku
    bunga SBI dan Inflasi) terhadap penawaran kredit UMKM. Metode yang dilakukan
    dengan metode regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa setiap
    variabel memiliki kontribusi yang berbeda-beda pada bank-bank umum. Hasil
    penelitian ini menyarankan bahwa perlu adanya penambahan periode penelitian dam
    penambahan variabel-variabel lain untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan.
    Kata kunci: Kredit UMKM, CAR, DPK, ROA, NPL UMKM, suku bunga SBI, Inflasi

  • FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK THE FACTORS THAT INFLUENCE THE WILLINGNESS #Riny Viri Insy Sinaga
    Vol 10 No 2 (2019)

    ABSTRAK
    Usaha ekstensifikasi dan intensifikasi pajak merupakan cara yang
    dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan penerimaan negara secara
    mandiri. Hal ini tidak mudah, karena dituntut peran aktif dari petugas pajak, juga
    kesadaran dan kemauan dari wajib pajak itu sendiri.Kurangnya kemauan
    masyarakat membayar pajak tidak lepas dari minimnya pengetahuan,
    pemahaman, persepsi maupun pelayanan wajib pajak itu sendiri terhadap
    pajak.Sikap wajib pajak menganggap bahwa pajak merupakan pengeluaran yang
    sia-sia.Hal ini merupakan salah satu faktor yang menghambat dan mengurangi
    kesadaran wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban pajak. Sample terpilih
    sebanyak 94 responden dengan teknik convinience random sampling di
    Kecamatan Tahunan dan Kecamatan Jepara yang melaporkan SPT tahun 2009.
    Data diperoleh dengan membagikan kuesioner. Analisis data menggunakan
    regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa sikap wajib pajak terhadap
    kesadaran membayar pajak berpengaruh dan signifikan terhadap kemauan
    membayar pajak, sikap wajib pajak terhadap pengetahuan peraturan perpajakan
    tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak, sikap wajib pajak
    terhadap pemahaman peraturan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kemauan
    membayar pajak, persepsi efektifitas sistem perpajakan juga tidak berpengaruh
    terhadap kemauan membayarb pajak, dan untuk kualitas layanan berpengaruh
    positif terhadap kemauan membayar pajak. Secara keseluruhan model tersebut fit.
    Kata kunci: Pajak, Persepsi efektifitas dan Kualitas Layanan

1 - 25 of 84 items 1 2 3 4 > >>