Pasar sebagai area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, mall, plaza, pusat perdagangan maupun sebutan lainnya.. Pasar sentral Medan sebagai obyek dalam penelitian ini mengungkapkan fenomena masalah yang dihadapi antara lain kurangnya permodalan. Ditemukan bahwa banyak usaha kecil dan menengah pada pasar sentral Medan yang kurang siap dalam menghadapi persaingan dikarenakan sumber daya manusia yang terbatasdan juga tuntutan persaingan yang semakin tinggi serta kemampuan dalam melakukan Orientasi pasar, inovasi produk dan orientasi kewirausahaan terhadap usahanya yang perlu untuk ditingkatkan secara terusmenerus agar dapat menang dan unggul dalam persaingan dan memperoleh kinerja pemasaran yang baik.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada Pusat Pasar Sentral Medan.

Published: 2021-09-30