Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lokasi dan pelayanan karyawan baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Studi Kasus Alfamart Raya Medan) dan seberapa pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 24,264 + 0,729 X1 + 0,308 X2 + e. Secara parsial, variabel lokasi (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (5,145 > 1,990). Sedangkan variabel pelayanan karyawan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (2,605 > 1,990). Secara simultan, variabel lokasi (X1) dan pelayanan karyawan (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (13,886 > 3,11). Variabel lokasi (X1) dan pelayanan karyawan (X2)  mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen sebesar 25,5% sedangkan sisanya sebesar 74,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran bahwa sebaiknya dalam hal pelayanan pihaak Alfamart Sei Rampah lebih ditingkatkan lagi agar kepuasan konsumen memiliki persentase yang lebih tinggi. Hendaknya karyawan bekerja dengan kualitas terbaik agar pelayanan yang diberikan dapat maksimal.

 

Kata Kunci: Lokasi, Pelayanan Karyawan, dan Kepuasan Konsumen

Published: 2021-01-10